Breaking News

Pohon TABEBUYA (Kuning dan Putih)

Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus), Tabebuya kuning atau Pohon terompet emas adalah sejenis tanaman yang berasal dari negara Brasil dan termasuk jenis pohon besar. Pohon dengan nama Latin Handroanthus chrysotrichus ini merupakan tumbuhan yang berasal dari Brazil. Tabebuya mempunyai ketahanan hidup yang sangat tinggi dan mampu beradaptasi dalam rentang kondisi yang cukup luas.

Selain memperindah tata kota, pohon tabebuya juga mampu membersihkan udara dari polutan yang berbahaya. Bentuk tanaman yang dijuluki pohon sakura tropis yang eye catchingini juga menjadi salah satu alas an mengapa pohon ini ditanam di kawasan perkotaan.

Pohon tabebuya adalah flora dari hutan amazon, Brazil dan merupakan kelompok pepohonan besar. Keunikan dari pohon ini adalah menghasilkan bunga yang berwarna-warni (terutama kuning atau tergantung jenisnya) dan mempunyai bentuk morfologi mirip bunga sakura,pohon tabebuya juga
biasa disebut dengan istilah bunga terompet, serta cedar putih, kayu putih, tecoma, dan manjack merah muda.

 

Nama ‘tabebuya’ pertama kali digunakan oleh Augustin Pyramus de Candolle sebagai nama generik pada tahun 1838. Selanjutnya, Britton kembali menggunakan istilah ‘tabebuya’ yang sebelumnya juga digunakan pada tahun 1876 oleh Bentham dan Hooker. Kata ‘tabebuya’ sebenarnya adalah singkatan dari “tacyba bebuya“, kata tersebut berasal dari Bahasa Brazil. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, maka “tacybabebuya” artinya adalah “semut kayu”.

 

Tabebuya merupakan kelompok tumbuhan besar dan dapat tumbuh mencapai ketinggian 5 meter bahkan 50 meter. Batangnya berwarna cokelat dan kulit batangnya agak terkelupas. Daun tabebuya berjenis majemuk, pada setiap tangkai daun mempunyai sekitar 3 sampai 7 helai daun. Bunga tabebuya tumbuh secara bergerombol pada satu tangkai dengan warna yang bervariasi. Mulai dari kuning, oranye, pink muda, pink tua merah, magenta, dan putih. Warna ini tergantung jenis spesies dari pohon tabebuya. Panjang bunga antara 3 cm hingga 11 cm.


Referensi :

  1. https://www.dekoruma.com/artikel/107381/fakta-unik-pohon-tabebuya
  2. https://rimbakita.com/pohon-tabebuya/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.